Bea Keluar CPO Jadi 10,5% untuk Juli 2013

Kamis, 27 Juni 2013 22:55:20

JAKARTA. Kementerian Perdagangan menetapkan Bea Keluar (BK) untuk minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) periode Juli 2013 sebesar 10,5%, atau naik 1,5% dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengatakan besaran BK CPO ditetapkan atas dasar harga referensi sebesar US$858,64 per metrik ton.

“Besaran ini lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata bulan sebelumnya sebesar US$835,71 per metrik ton,” kata Bachrul dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Kamis (27/6/2013).

Dia menambahkan Harga Patokan Ekspor CPO periode Juli 2013 naik dari US$764 per metrik ton pada Juni 2013 menjadi sebesar US$783 per metrik ton.

Bachrul menjelaskan tarif BK CPO ini berpedoman pada harga referensi yang didasarkan pada harga rata-rata Cost Insurance Freight (CIF) CPO dari Rotterdam, Bursa Malaysia dan Bursa Indonesia.

Adapun untuk kakao didasarkan pada harga rata-rata biji kakao CIF New York Board of Trade (NYBOT) 1 bulan sebelum penetapan HPE.

Dia menjelaskan penetapan HPE periode Juli 2013 tersebut dilakukan setelah memperhatikan usul tertulis dan hasil rapat koordinasi dengan instansi teknis terkait. Produk pertanian dan kehutanan yang dikenakan BK adalah CPO, Biji Kakao, Kayu dan Kulit.

DIKUTIP DARI BISNIS INDONESIA, KAMIS, 27 JUNI 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s