Tugas Pokok dan Fungsi Kecamatan di Kabupaten Kutai Timur

Pengaturan tentang Kecamatan di wilayah Kabupaten Kutai Timur telah beberapa kali mengalami perubahan, diantaranya melalui Keputusan Bupati Kutai Timur Nomor : 113/02.188.45/HK/IV/2004 tentang Struktur Organisasi Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Kutai Timur dimana struktur organisasi Kecamatan terdiri dari 1 (satu) sekretariat dan 5 (lima) seksi. Walaupun demikian Kecamatan  belum menerima sebagian kewenangan yang dilimpahkan oleh Bupati Kutai Timur sebagaimana yang disyaratkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2008 tentang Kecamatan.

Dalam   Peraturan Daerah Kabupaten  Kutai Timur Nomor 4  tahun 2009 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Kutai Timur, terdapat beberapa Tugas Pokok dan Fungsi Jabatan yang ada di Kecam

Plang papan nama Kantor Camat Long Mesangat

Plang papan nama Kantor Camat Long Mesangat

atan yakni

1.         Camat

a.   Tugas Pokok          : Menyelenggarakan tugas umum pemerintahan da sebagian urusan otonomi daerah             yang dilimpahkan oleh Bupati dalam wilayah Kecamatan.

 

b.   Fungsi       :

1.   Pengkoordinasian kegiatan pemberdayaan masyarakat, upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum;

2.   Penerapan dan penegakan peraturan perundang-undangan;

3.   Pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan umum;

4.   Penyelenggaraan kegiatan pemerintahan di tingkat Kecamatan;

5.   Pembinaan penyelenggaraan pemerintahan desa dan/atau kelurahan;

6.   Pelaksanaan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang blingkup tugasnya dan/atau yang belum dapat dilaksanakan oleh pemerintahan desa dan/atau kelurahan; dan

7.   Pelaksanaan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah yang meliputi aspek perizinan, rekomendasi, koordinasi, pembinaan, pengawasan, fasilitasi, penetapan, penyelenggaraan, dan kewenangan lain yang dilimpahkan.

 

c.   Uraian Tugas :

1.   Merumuskan rencana kegiatan kecamatan sesuai dengan peraturan yang berlaku da rencana strategis pemerintah daerah;

2.   Merumuskan kebijakan teknis operasional meliputi bidang tata pemerintahan, pemberdayaan masyarakat dan desa, ketentraman dan ketertiban, pembangunan dan kesejahteraan sosial, dan pelayanan umum;

3.   Merumuskan bahan dan melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan dengan unit terkait di tingkat kecamatan dalam rangka penyelenggaraan administrasi yang terpadu;

4.   Memantau kegiatan pelayanan Kecamatan kepada masyarakat, termasuk melayani perizinan yang dilimpahkan Kepala Daerah;

5.   Menyusun bahan pelaksanaan pembinaan terhadap kegiatan di bidang kesatuan bangsa dan perlindungan masyarakat;

6.   Menyusun bahan pelaksnaan pembinaan penyelenggaraan kesejahteraan rakyat;

7.   Menyusun bahan pelaksanaan pembinaan pembangunan masyarakat;

8.   Menyusun bahan pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan pembangunan Kelurahan / Desa;

9.   Menyusun bahan pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan administrasi serta memberikan pelayanan teknis dan administrasi kepada seluruh perangkat Pemerintah Kecamatan;

10. Merumuskan bahan dan melaksanakan koordinasi dengan unit pelaksana Teknis Dinas / Badan yang berada di wilayah Kecamatan;

11. Menyusun bahan fasilitasi dan koordinasi pelayanan Kecamatan;

12. Membina penyelenggaraan urusan kesekretariatan Kecamatan;

13. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

14. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

15. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan;

16. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

2.   Sekretaris Camat

a.   Tugas Pokok          : Sekretaris mempunyai tugas pokok membantu Camat dalam melaksanakan  koordinasi pelaksanaan tugas bidang dan pelayanan teknis serta administratif   kepada seluruh satuan organisasi dalam lingkungan Kecamatan yang meliputi                    Umum, Keuangan, dan Kepegawaian.

b.   Fungsi       :

1.   Pelaksanaan koordinasi penyusunan rencana kerja, anggaran dan laporan;

2.   Mempelajari, menindaklanjuti informasi, data dan peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan bidang tugasnya;

3.   Pengelolaan dan pengawasan kegiatan administrasi umum dan kepegawaian, keuangan, perlengkapan, rumahtangga kantor, dokumentasi dan perpustakaan;

4.   Pengumpulan data sebagai bahan informasi, hubungan masyarakat dan keprotokolan;

5.   Penyelenggaraan pengadaan perlengkapan, pemeliharaan dan inventarisasi;

6.   Pengusulan program pendidikan dan pelatihan aparatur/kepegawaian.

 

c.   Uraian Tugas        :

1.   Menyusun rencana kerja, program, dan kegiatan sekretariat sebagai pedoman dan acuan kerja;

2.   Mengkoordinasikan penyusunan program kerja Kecamatan;

3.   Mempelajari peraturan perundang-undangan, kebijakan teknis, pedoman, dan petunjuk teknis serta bahan-bahan lainnya yang berhubungan dengan lingkup tugas sekretariat;

4.   Merumuskan bahan pengelolaan dan koordinasi administrasi umum dan kepegawaian, perencanaan program, dan keuangan Kecamatan;

5.   Memfasilitasi dan memberikan pelayanan teknis dministrasi dalam lingkungan Kecamatan;

6.   Merumuskan bahan pengelolaan dan koordinasi dokumentasi, perpustakaan, dan perlengkapan / perbekalan rumah tangga;

7.   Menyusun pedoman dan menyelenggarakan monitoring dan evaluasi laporan kinerja Kecamatan;

8.   Menghimpun, mengelola, dan menyajikan data / informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas Kecamatan;

9.   Memfasilitasi kerjasama dengan instansi terkait, Kabupaten / Kota, instansi vertikal serta pihak ketiga berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk keberhasilan program kerja;

10. Mensinkronisasikan penyusunan laporan hasil pelaksanaan tugas bidang-bidang;

11. Mengkoordinasikan pengumpulan bahan Rencana Kerja Anggaran (RKA) untuk menjadi Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Kecamatan;

12. Mengkoordinasikan penyusunan Renstra dan RKT Kecamatan;

13. Mengendalikan kegiatan kesekretariatan dalam rangka mendukung kegiatan Kecamatan;

14. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya;

15. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksnaan tugas jabatan;

16. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan;

17. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

3.   Kepala Sub Bagian Kepegawaian

a.   Tugas Pokok          : Sub Bagian Kepegawaian mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan,                      menyusun dan melaksanakan pengelolaan, evaluasi dan pelaporan urusan                      kepegawaian.

b.   Fungsi      :

1.   Penyelenggaraan kegiatan administrasi kepegawaian

2.   Pemprosesan administrasi kepegawaian

3.   Pengumpulan, menyusun dan menilai rencana kebutuhan kepegawaian

4.   Pengusulan peningkatan dan pengembangan SDM aparatur

c.   Uraian Tugas        :

1    Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan Sub Bagian Kepegawaian

2    Menyelenggarakan dan mengelola administrasi Kepegawaian Kecamatan, termasuk pengelolaan data kepegawaian, bahan mutasi serta kenaikan pangkat

3    Menyiapkan bahan administrasi Kepegawaian;

4    Membuat dan melaporkan Daftar  Urut Kepangkatan (DUK), daftar hadir pegawai, realisasi serta evaluasi kegiatan waskat;

5    Menyelenggarakan dan mengelola usulan dan promosi pegawai, kenaikan pangkat pegawai, Kenaikan gaji berkala, dan pembuatan daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3);

6    Mempersiapkan dan memproses usulan pensiun pegawai;

7    Memproses pemberian cuti pegawai;

8    Mengumpulkan bahan pengusulan pemberian tanda jasa;

9    Mengusulkan dan memproses pegawai untuk mengikuti diklat penjenjangan dan funsional, kursus-kursus,maupun ujian dinas pegawai;

10  Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan terkait dengan bidang tugasnya;

11  Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan;

12  Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan;

13  Melakukan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

4.   Kepala Sub Bagian Keuangan

a.   Tugas pokok          : Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok mengkoordinasikan, menyusun       dan melaksanakan pengelolaan, evaluasi dan pelaporan urusan keuangan.

b.   Fungsi       :

1.   Pelaksanaan urusan administrasi keuangan dan akuntansi;

2.   Pengelolaan penatausahaan keuangan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku;

3.   Penyiapan administrasi pertanggungjawaban serta laporan keuangan;

4.   Pelaksanaan verifikasi keuangan secara bekala.

 

c.   Uraian Tugas :

1    Melaksankan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan sub bagian keuangan

2    Melaksanakan penatausahaan akuntansi dan administrasi keuangan kecamatan

3    Melaksanakan pengelolaan keuangan kecamatan

4    Menyiapkan bahan untuk koordinasi pada bagian keuangan sekretariat daerah kabupaten

5    Membuat laporan keuangan secara berkala, pembukuan, perhitungan anggaran dan verifikasi laporan keuangan serta perbendaharaan

6    Menyiapkan bahan penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan

7    Menyiapkan rencana anggaran kecamatan

8    Menyiapkan bahan serta memberikan pelayanan dalam rangka pemeriksaan keuangan

9    Menyelenggarakan perbendaharaan keuangan, pembukuan keuangan, verifikasi dan perhitungan anggaran keuangan kecamatan

10  Melaksanakan urusan pembayaran gaji pegawai, pembayaran belanja barang, belanja pemeliharaan, dan pembayaran perjalanan dinas

11  Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan terkait dengan bidang tugasnya

12  Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

13  M elakukanpembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan dan penilaian kinerja bawahan

14  Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

5.   Kepala Sub Bagian Umum

a.   Tugas Pokok          : Sub Bagian Umum Mempunyai Tugas Pokok mengelola tata usaha, mengelola        surat menyurat dan kearsipan, inventaris dan kekayaan rumahtangga dan tugas   umum lainnya.

b.   Fungsi       :

1.   Penyelenggaraan kegiatan surat menyurat dan tata kearsipan urusan rumahtangga kecamatan;

2.   Pemprosesan administrasi pengadaan perlengkapan, pemeliharaan dan inventarisasi;

3.   Pengumpulan, menyusun dan menilai rencana kebutuhan kantor sesuai dengan standarisasi yang berlaku;

4.   Pengajuan usulan untuk penghapusan barang-barang milik negara berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku;

5.   Pengkoordinasian urusan keprotokolan;

6.   Penyiapan bahan informasi tentang kegiatan unit kerjanya;

7.   Pengkoordinasian dengan sub bagian, seksi dan instansi lain

 

c.   Uraian Tugas :

1.   Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program, dan kegiatan sub bagian umum

2.   Menyiapkan bahan perencanaan, pelaksanaan, dan pengelolaan administrasi barang di lingkungan Kecamatan

3.   Menyelenggarakan urusan perlengkapan dan urusan kerumahtanggaan Kecamatan

4.   Melaksanakan administrasi surat menyurat, tata laksana dan naskah Kecamatan

5.   Menyiapkan bahan administrasi umum, ketatalaksanaan, perlengkapan dan pemeliharaan, hukum dan kehumasan, serta pengaduan masyarakat

6.   Mempersiapkan dan mengelola bahan pelaksanaan tata naskah, kearsipan, surat menyurat, dan perpustakaan Kecamatan

7.   Mempersiapkan bahan pelaksanaan kehumasan, protokol, dan perjalanan dinas

8.   Mempersiapkan bahan koordinasi penerimaan tamu, keprotokolan, dan pengelolaan perpustakaan di lingkungan Kecamatan

9.   Menyelenggarakan pemeliharaan / perawatan kendaraan milik Kecamatan serta menyusun inventarisasi dan mengajukan usulan penghapusan barang-barang berdasarkan ketentuan yang berlaku

10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya

11. Menyusun bahan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

12. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan

13. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

6.   Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban

a.   Tugas Pokok          : Seksi Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas pokok melakukan pengumpulan, penyiapan bahan dan penyiapan teknis kegiatan Ketentraman  dan Ketertiban.

b.   Fungsi      :

1.   Pelaksanaan program kegiatan ketentraman dan ketertiban;

2.   Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan kegiatan  ketentraman dan ketertiban;

3.   Penyiapan bahan  kegiatan ketentraman dan ketertiban;

4.   Penyelenggaraan analisa dan evaluasi kegiatan  ketentraman dan ketertiban;

 

c.   Uraian Tugas        :

1.   Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program, dan kegiatan seksi ketentraman dan ketertiban

2.   Menyiapkan bahan penyusunan program kerja yang meliputi ketentraman dan ketertiban wilayah serta membina Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat (LINMAS) dan Rakyat terlatih (RATIH).

3.   Mengumpulkan bahan yang berhubungan dengan penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan rakyat terlatih.

4.   Menyiapkan bahan dalam rangka merumuskan pemecahan masalah yang berkaitan dengan penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan rakyat terlatih.

5.   Menyiapkan bahan dan melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan terkait penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan rakyat terlatih.

6.   Melakukan upaya informatif dan persuasif serta preventif terkait penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan rakyat terlatih.

7.   Menyiapkan bahan monitoring/patroli wilayah dan evaluasi penyelenggaraan pembinaan ketentraman dan ketertiban wilayah serta pembinaan Polisi Pamong Praja, Perlindungan Masyarakat dan rakyat terlatih.

8.   Menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait ditingkat kecamatan dan Kabupaten dalam hal pengamanan dan pengawasan kebijaksanaan perda, Keputusan Kepala Daerah dan perundang-undangan yang berlaku

9.   Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya

10. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

11. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan dan penilaian kinerja bawahan.

12 .Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan Tupoksi dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

7.   Kepala Seksi Pelayanan Umum

a.   Tugas Pokok          : Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas pokok melakukan pengumpulan, penyiapan bahan dan pembinaan teknis kegiatan seksi pelayanan umum.

b.   Fungsi      :

1.   Pelaksanaan program kegiatan pelayanan umum;

2.   Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan kegiatan pelayanan umum;

3.   Penyiapan bahan kegiatan pelayanan umum;

4.   Penyelenggaraan analisa dan evaluasi kegiatan pelayanan umum.

 

c.   Uraian Tugas        :

1.   Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan seksi pelayanan umum

2.   Mempersiapkan bahan penyusunan program kerja, pedoman dan petunjuk teknis yang meliputi pembinaan pelayanan kekayaan dan inventarisasi desa, kebersihan, keindahan serta sarana fisik pelayanan umum

3.   Mempersiapkan bahan dan melaksanakan usaha dalam rangka merumuskan pemecahan masalah yang berhubungan dengan pembinaan pelayanan umum

4.   Mempersiapkan bahan monitoring dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pembinaan pelayanan umum

5.   Mempersiapkan bahan pemberian layanan rekomendasi/surat keterangan yang berhubungan dengan pelayanan umum sesuai dengan peraturan perundang-undangan

6.   Mempersiapkan bahan pembinaan perbaikan lingkungan yang sehat kepada masyarakat

7.   Mempersiapkan bahan koordinasi dan fasilitasi rapat sosialisasi program pemerintah di bidang pelayanan umum di wilayah Kecamatan

8.   Mempersiapkan bahan laporan tetap hasil evaluasi dan pemantauan penyelenggaraan pembinaan pelayanan umum

9.   Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan terkait dengan bidang tugasnya

10. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

11. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan dan penilaian kinerja bawahan

12. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tupoksinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

 

8.   Kepala Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial

a.   Tugas Pokok          : Kepala Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pokok  melakukan pengumpulan, penyiapan bahan  dan pembinaan teknis kegiatan Seksi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial

b.   Fungsi :

1.   Pelaksanaan program kegiatan pembangunan dan kesejahteraan sosial;

2.   Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan kegiatan pembangunan dan kesejahteraan sosial;

3.   Penyiapan bahan kegiatan pembangunan dan kesejahteraan sosial;

4.   Penyelenggaraan analisa dan evaluasi kegiatan pembangunan dan kesejahteraan sosial.

 

c.   Uraian Tugas        :

1.   Mempersiapkan bahan penyusunan program kerja kesejahteraan sosial yang meliputi pembinaan pelayanan dan mempersiapkan bantuan sosial, kepemudaan, pemberdayaan perempuan, olahraga, kehidupan keagamanan, pendidikan kebudayaan dan kesehatan masyarakat

2.   Menghimpun permasalahan yang berhubungan dengan pembinaan pelayanan dan mempersiapkan bantuan sosial kepemudaan, pemberdayaan perempuan, olahraga, kehidupan keagamanan, pendidikan kebudayaan dan kesehatan masyarakat

3.   Mempersiapkan bahan monitoring dan evaluasi terhadap penyelengaraan pembinaan meliputi sosial, kepemudaan, pramuka, peranan wanita dan olahraga serta keagamaan

4.   Mempersiapakan bahan dan melaksanakan muisyawarah pembangunan Kecamatan bersama dengan instansi terkait serta melaksanakan pemberian bantuan pelayanan dan bimbingan sosial lainnya

5.   Mempersiapkan bahan dan melaksanakan pemberian layanan rekomendasi / surat keterangan yang berhubungan dengan pembangunan dan kesejahteraan sosial sesuai dengan peraturan perundang-undangan

6.   Melaksanakan pendataan terhadapa masyarakat yang rentan masalah sosial dan keluarga miskin diwilayah desa dan mempersiapkan bahan pengawasan terhadap pelaksanaan bantuan, program dan kegiatan pembangunan dan kesejahteraan sosial diwilayah desa

7.   Mengumpulkan dan menyalurkan dana/bantuan terhadap korban bencana alam dan ancaman lainnya

8.   Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan terkait dengan bidang tugasnya

9.   Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

10.Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penilaian kinerja bawahan

11. Melaksanakan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tupoksinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan

 

9.   Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

a.   Tugas Pokok          : Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mempunyai tugas pokok melakukan       pengumpulan, penyiapan bahan dan pembinaan teknis kegiatan seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

b.   Fungsi      :

1.   Pelaksanaan program kegiatan pemberdayaan masyarakat dan desa;

2.   Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;

3.   Penyiapan bahan kegiatan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa;

4.   Penyelenggaraan analisa dan evaluasi kegiatan   Pemberdayaan Masyarakat dan Desa .

c.   Uraian Tugas        :

1.   Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program, dan kegiatan Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

2.   Melaksanakan program kerja meliputi pembinaan pembangunan di bidang perekonomian masyarakat Kecamatan, produksi dan distribusi serta pembinaan di bidang lingkungan hidup

3.   Mengelola data dan informasi di bidang perkoperasian, pengusaha kecil dan menengah

4.   Menyiapkan bahan dan melaksnakan kegiatan pembinaan / penyuluhan bersama instansi terkait dalam rangka pengembangan, kewirasataan produksi, pertambangan, bimbingan masyarakat dang hubungan masyarakat serta pengembangan sarana lainnya

5.   Menyiapkan bahan dan melaksnakan penyuluhan bersama instansi terkait di bidang penghijauan dan lingkungan hidup serta koordinasi dan sinkronisasi dengan instansi terkait yang berhubungan dengan pelaksnaan bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

6.   Mempersiapkan bahan dan melaksnakan pementauan dan evaluasi terhadap penyelenggaraan pembinaan lingkungan hidup

7.   Mempersiapkan bahan fasilitasi dan pembinaan pelaksnaan ketenagakerjaan, ketahanan pangan, pemberdayaan masyarakat, perempuan dan anak

8.   Mempersiapkan bahan pembinaan dan peningkatan swadaya masyarakat, budaya gotong royong serta pendayagunaan Teknologi Tepat Guna (TTG) di wilayah Kecamatan

9.   Mempersiapkan bahan monitoring, evaluasi dan menyusun laporan terhadap penyelenggaraan masyarakat, sosial, kepemudaan, ormas, kesehatan, pendidikan, olah raga dan keagamaan

10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya

11. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

12. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan, dan penialaian kinerja bawahan

13. Melakukan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

10. Kepala Seksi Tata Pemerintahan

a.   Tugas pokok          : Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas pokok melakukan pengumpulan,  penyiapan bahan dan pembinaan teknis kegiatan Seksi Tata Pemerintahan.

b.   Fungsi       :

1.   Pelaksanaan program kegiatan Tata Pemerintahan

2.   Penyiapan bahan untuk perumusan kebijakan kegiatan Tata Pemerintahan;

3.   Penyiapan bahan kegiatan Tata Pemerintahan;

4.   Penyelenggaraan analisis dan evaluasi kegiatan Tata Pemerintahan;

c.   Uraian Tugas        :

1.   Melaksanakan penyusunan rencana kerja, program dan kegiatan seksi tata pemerintahan

2.   Melaksanakan program kerja dan pemantauan yang meliputi penyelenggaraan pemerintahan umum dan pemerintahan Desa, Administrasi kependudukan serta pembinaan sosial politik dan kesatuan bangsa

3.   Mempersiapkan bahan laporan perkembangan dalam rangka kegiatan penyelenggaraan pemerintahan umum, pembinaan pemerintahan Desa, administrasi kependudukan dan sosial politik

4.   Mengumpulkan bahan dan data tentang pemerintahan dan pembinaan wilayah dan masyarakat serta pengolahan dan pelaporan data kependudukan

5.   Melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dibidang tugas pungutan PBB, Pelayanan KK,KTP, Surat Tanah, Pengawasan Pemilu,tugas dibidang keagrariaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku

6.   Mempersiapkan rumusan Kartu Keluarga dan KTP Nasional (SIAK)

7.   Melaksanakan pencatatan monografi Kecamatan, buku induk ,buku induk sementara, urusan perkembangan penduduk dan buku jumlah penduduk

8.   Mempersiapkan bahan penyusunan laporan dibidang pemerintahan dan kegiatan penyusunan buku profil dan monografi kecamatan

9.   Melaksanakan administrasi pemilu dan pemeliharaan data yang berkaitan dengan pemilu

10. Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan, terkait dengan bidang tugasnya

11. Menyusun bahan evaluasi pelaporan pelaksanaan tugas jabatan

12. Melakukan pembagian tugas, pembinaan, motivasi, arahan dan penilaian kinerja bawahan

13. Melakukan tugas lain yang diberikan atasan sesuai dengan tupoksinya dan sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s